Alyssa, Birth Day… (Part.1)

Akhirnya bisa nulis lagi, setelah sebulan berkutat dengan masa perkenalan mengasuh Alyssa. 😀

Now I would like to share our experience about birthing process of our lovely daughter.

Hari Minggu 21 Juli 2013, adalah hari ulang tahun saya. Hari ini seharusnya (merujuk perhitungan dokter, HPL nya 20 Juli 2013), saya sudah bisa menggendong putri tercinta, tapi nampaknya ia masih betah di dalam perut ibunya, hehehee.

As a parents, no need to worry about it,  just wait and see for the sign. Do not force anything as you want, birth date is a God`s secret, His mystery.

Berdasarkan ilmu yg didapat dari hasil Hypnobirthing Class kemarin, berikut adalah tanda2 yg harus diperhatikan saat menjelang hari kelahiran.

  1. Ketuban pecah. Segeralah ke rumah sakit, tapi gak usah terlalu panik juga ya. Your baby will keep survive until next 48 hours, if you keep eating & drinking enough of good food. Karena pada dasarnya air ketuban itu tetap akan di produksi selama ada suplai. Tapi jangan terlalu santai juga ya, you need to be observed by doctor asap to avoid any unwanted condition. (Jadi kudu piyee..?? Hahahaha)
  2. Munculnya flek (bercak darah). Flek ini ada 2 tipe, ada yg hanya spotting saja, ada yg langsung berupa bercak. Jika hanya spotting saja, maka tunggulah sampai berupa bercak darah & tunggu sampai kontraksi datang. Jika sudah bercak, maka tunggu lah sampai kontraksi nya teratur. Setelah itu segera lah ke rumah sakit.
  3. Datangnya kontraksi. Ciri-cirinya ada 3, kontraksi semakin kuat, semakin teratur, & semakin lama. Jika sudah 6 kali dalam waktu 10 menit, maka segera lah ke rumah sakit.

One thing you should known, the process from all above sign into birthing takes a long time, or maybe a day. So, no need to rush in your own way to go to the hospital. Keep calm &  safe driving yaa.

Oiya, hari Sabtu nya sang calon ibu sudah mengeluarkan bercak darah sedikit, cuma karena kontraksi belum datang, jadi ya santai aja.

Tapi, kalau kejebak macet dll sedangkan sudah waktunya melahirkan, DO NOT DOING ANYTHING selain menepi, telp rumah sakit & beritahukan posisi kalian untuk minta dikirimkan bantuan. Jika bantuan belum datang, maka posisikan kalian pada posisi melahirkan seperti yg sudah di ajarkan saat senam hamil, lalu minta suami untuk bersiap menangkap & menyiapkan selimut hangat untuk menerima kelahiran anak kalian (di pinggir jalan, eheheheheu).

Kembali ke cerita saya ya. Pada saat terakhir kontrol ke dokter (Rabu, 17 Juli 2013), dokter berpesan jika sampai HPL nya masih belum lahir, maka hari Senin 22 Juli 2013 beliau meminta kami untuk datang jam 7 pagi karena beliau akan memberikan INDUKSI. (jeng..jeng..jeng).

Kemudian, kami coba contact therapist Hypnobirthing (dr.Aviasti Pratiwi – Galenia) untuk meminta masukan. Beliau menyarankan kalau memang tidak mau di induksi, ya bilang saja ga mau & minta waktu lagi untuk menunggu (as long as kondisi bayi & ibu nya baik2 saja). Jadi tidak ada patokan pasti berapa usia kandungan maksimal untuk melahirkan, di tunggu sajaaa.

Remember, INDUKSI adalah tindakan medis yg harus mendapatkan persetujuan dari pasien. Jadi it`s your decision, not doctor decision.

Btw, ada yang nanya emang kenapa sih gak mau di induksi? (Kabarnya) Induksi itu lebih menyiksa ketimbang fase kontraksi. Dari logikanya sih begitu, sesuatu yang di paksakan memang lebih menyiksa kan ya? (sylalalalalalalaa…). So, if you & your baby feels good, one thing you should do is only WAIT and SEE.

Tapiiii namanya anak pertama ya (belum berpengalaman), walau udah di suggesti macem-macem sama therapist tetep aja siap2 untuk memenuhi permintaan dokter untuk datang ke RS hari senin pagi. Berhubung jarak antara rumah & RS lumayan jauh (Ciputat-Panglima Polim), plus hari Senin pagi2 harus lewatin jalanan di Jakarta adalah bad idea (makaseeehhh..). Kami pun memutuskan untuk menginap di Amaris Hotel yg di seberang Blok M Plaza pada hari Minggu nya.

Berangkatlahh menuju Blok M ba`da Dzuhur lalu check in jam 2 siang, then leyeh2 di kamar kira2 sampai jam 5 sore. Saat leyeh2, kami ingat apa yg di ajarkan waktu Hypnobirthing, bahwa sering2 lah menjalin komunikasi dengan anak walau mereka masih di dalam kandungan. Lalu, kami coba sampaikan kepada nya :

“Adekk, Mommy ga mau di induksi, jadi kalau adek mau keluar yuk sekarang aja yuk, sekalian biar bareng sama ulang tahun Ayah nih.” 🙂

Lanjut, jam 5 sore kami putuskan untuk keluar hotel (Ngabuburit) di Blok M Plaza, selain ngabuburit ya biar jalan lahir nya si adek lebih lebar. Menjelang waktu buka puasa kami menuju ke Tokyo Skipjack Steak restaurant di sekitaran Bulungan sebagai perayaan ulang tahun ke-27 sang calon Ayah. 😀

Selamat makaaann..

Tokyo Skipjack Steak
It`s mine. Lupa namanya 😀
IMG_0387
Tokyo SkipJack Steak

The steak taste better than Hollycow I think, and the size also bigger. Tapi emang lebih mahal juga sih, haahahahahaha…(ada rupa ada harga yaaa). Full enough for breakfasting. Berhubung bumil masih ngidam DiaryQueen ice cream, jadi balik lagi ke Blok M Plaza pas di jalan pulang untuk ngemil ice cream. 😀 Oiya, kami sempet beli roti BreadTalk juga untuk persiapan sahur andai kata gak kebangun untuk sahur di hotel.

Sampai di hotel lagi jam 8an, lanjut mandi & istirahat karena kecapekan jalan plus kekenyangan juga. Hehehee…Saat siap2 untuk tidur, ternyata kontraksi mulai datang, istri bolak balik meminta saya untuk menggunakan applikasi Contraction di iPhone untuk menghitung time frame kontraksinya.

Dari jam 9 sampai jam 10an kontraksi mulai datang teratur, semakin lama, & semakin kuat. Kita jadi kebingungan apa harus ke rumah sakit sekarang atau tetep besok aja ya, tapi saat itu frekuensinya masih 4-5 kali aja dalam 10 menit. Suasana galau di hotel makin jadi karena waktu sudah menunjukan pukul 11 malem, hujan deras pula, dan ngantuk. 😀

Mau tau apa yg terjadi selanjutnya?..Simak di tulisan berikutnya ya. 😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s