Pengembara Jiwa

Dear Alyssa,

Kali ini singkat saja surat Ayah untuk kamu. Yaitu soal bagaimana beragama, beriman kepada-Nya. Ini dirangkum dari pembicaraan beberapa orang di linimasa twitter.

Saat kamu dewasa nanti, mungkin teori science akan keberadaan Tuhan & dunia ini, akan lebih kencang berhembus. Teori dimana Tuhan tidak bisa dibuktikan Dia ada, dan juga tidak bisa dibuktikan Dia tidak ada, atau menyangkut soal bahwa dunia/semesta ini tidak berawal dan tidak berakhir, yg jelas bertentangan dengan apa yg disebut Sangkakala.

Pesan Ayah, janganlah terjebak dalam rekonstruksi agama seperti itu, teruskanlah ke inti bagaimana agama diturunkan agar kita menjadi pribadi yg lebih baik. Tak perlu yg hebat-hebat, lakukanlah yg kecil-kecil, yg ringan-ringan, dan mampu kau semai sepanjang musim.

Jagalah dirimu, sikapmu, dan terangi hatimu dengan cahaya Tuhan. Ya, cahaya Tuhan yg hebat itu tak perlu ruang besar untuk memantulkan sinarnya, ia hanya perlu penampang kecil di dalam tubuhmu, cukup sebesar kepalan tanganmu. Ya, hati namanya. Jika hatimu selalu diterangi cahaya Tuhan, maka baik hidupmu untuk-Nya, dan semesta mu. Semai lah iman mu dengan cahaya-Nya, dan jangan lah menjadi sombong karena-Nya.

Tuhan juga tidak perlu pengakuan mu akan keberadaan-Nya, dan jangan lantas hal itu menjadikanmu jumawa. Dia hanya perlu kau jejaki, kau rasakan, dan kau rawat dengan iman mu.

Sesungguhnya, kita semua adalah pengembara. Dan pengembara tidak pernah mencari jalan pulang, tapi menjejaki jalan pulang. Kita semua akan rindu untuk pulang kepada mereka yg kita tinggalkan, ya karena tidak ada pulang jika tidak ada pergi.

-Ayah-

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s