5 Alasan Mengapa Kamu Harus Menginap di Tabo Cottages

Beberapa ratus meter sebelum memasuki pelabuhan Ajibata, dari tebing kota Parapat kami melihat kapal ferry sudah menarik sauh yang artinya mereka sudah siap mengarungi danau Toba. Langsung saja Bang Samuel menambah kecepatan mobilnya (yang sebelumnya memang sudah cepat) sembari membunyikan klakson berkali-kali layaknya rombongan mobil jenazah untuk meminta kapal tersebut berhenti menunggu kami, dan ajaibnya cara tersebut berhasil. Mungkin jika tidak perlu membeli tiket,  mobil kami sudah dibawanya lompat langsung masuk ke lambung kapal ala-ala acara Top Gear. Harus di akui, nyali supir-supir Batak pada khususnya, dan Sumatra pada umumnya dalam berkendara patut di acungi jempol. 

KMP Tao Toba pun kembali ke pelabuhan, dan mengizinkan kami naik sebagai tamu kehormatan siang itu. Dan ternyata karena memang sedang sepi juga, jadi mereka mau kembali ke pelabuhan Ajibata, hahaha. Tiga ratus enam puluh detik adalah waktu yang dibutuhkan oleh kami untuk menyeberangi The Magical and Peaceful Toba Lake. Jika ada jalan tol, mungkin bisa lebih cepat (I’ve warned you how good they hit the road).

KMP Tao Toba
Magical Toba Lake

Nah, jika sudah sampai di pulau Samosir tapi bingung mau menginap dimana, berikut adalah beberapa alasan mengapa kamu harus menginap di Tabo Cottages.

1. Terletak di desa wisata Tuk-Tuk.

Hanya lima-belas menit waktu yang dibutuhkan (bisa berbeda jika supir mu bukan orang Batak. I’ve warned you again) dari pelabuhan Tomok untuk sampai di Tabo Cottages. Tapi jika kamu menumpang kapal ferry (tanpa kendaraan) dari Pelabuhan Tiga Raja, maka bisa diantar langsung ke dermaga pribadi milik Tabo Cottages di desa Tuk-Tuk yang merupakan pusat lokasi penginapan di pulau Samosir.  

Tabo Cottages Pool
Jaw Drops? I know you will.

2. Pilihan kamarnya beragam.

Mulai dari Superior, Deluxe, Batak Villa, Junior Suite, VIP Batak Suite, VIP Horas Suite, hingga Toba Suite, tersedia di Tabo Cottages. Dan tarifnya boleh dibilang lebih murah dibanding beberapa penginapan lain disana. Sebagai contoh untuk kamar tipe Duluxe (twin bed), dengan sarapan dan kamar mandi yang bersih (PENTING!) adalah 390 ribu Rupiah. Memang tidak ada AC & TV untuk tipe kamar ini, tapi saya rasa kamu tidak akan memerlukan itu di Samosir, kenapa? Makanya berkunjung. Hehehe. 

toba lake, hotels
Interior (Deluxe Type)

3. Pemandangannya SEMPURNA.

Gak percaya? Coba cek gambar berikut, lalu bayangkan kamu duduk di sun deck tersebut dengan latar pemandangan keliling danau Toba yang tenang sungguh mententramkan hati. Apalagi jika ditemani seorang kawan lama, membaca buku, dan menikmati roti-roti spesial milik Tabo Cottages bersama secangkir kopi atau bir dingin jika kamu mual setelah perjalanan bersama supir Batak (jangan di ulangi ya, I’ve warned you again and again). 

Oiya lingkungan hotel ini juga bersih & terawat sekali menurut saya. Berlama-lama menghidupkan kendaraan di lingkungan hotel juga dilarang karena menyebabkan polusi udara dan suara.

Ps : Kalau mau berenang, sebaiknya siang hari saja ya karena airnya dingin. Apalagi kalau hatimu dingin, khawatir membeku nanti. :|

Toba, Samosir, Hotels
Best view!

4. Dimiliki oleh seorang Jerman Nusantara.

“Wait, Nantulang?” Begitu kira-kira reaksi kami saat mendengar penjelasan Bang Samuel di jalan.

“Iya, dia gak mau di panggil Miss/Mrs, maunya Nantulang. Bahasa Indonesia  & Bataknya juga lancar. Beliau juga yang membawa pariwisata Samosir untuk promosi ke Jerman, serta sering menjadi inisiator untuk bersih-bersih danau Toba” – Bang Samuel dengan cengkok Bataknya menimpali kekagetan saya-

Jadi jika kamu tidak anti asing, dan juga bukan bagian dari ITJ, maka Nantulang Annette boru Siallagan adalah seorang asing yang pastinya mudah kamu teladani. Warga negara Jerman yang kemudian menikah dengan seorang Batak (Bukti bahwa mereka tidak hanya jago kandang, I’ve warned you) bernama Antonius Silalahi ini sudah lebih dari 20 tahun menetap di Samosir.

Sebagai pendukung Der Panzer & Timnas, sungguh saya benar-benar sedang seperti di rumah sendiri.

5. Memiliki restaurant & toko kue  Jerman yang enak.

Untuk kalian yang khawatir akan urusan makanan (halal) selama di Samosir tidak perlu khawatir. Tabo Cottages restaurant menawarkan banyak variasi makanan halal untuk dinner & breakfast. Kebanyakan memang menu makanan Eropa, walau ada juga beberapa menu makanan Indonesia dan Tiongkok. Sesekali tidak ada salahnya mencicipi makanan khas Jerman selagi kamu menginap di “rumah” seorang Jerman.

Suasana restaurant yang nyaman juga membuat kami betah berlama-lama disana. Bahkan seorang pengunjung asing yang duduk di depan kami sampai bisa tidur terlelap disana. Tapi mungkin juga memang dia lelah.

 

Comfy Restaurant
  
Chicken Schnitzel
  
Camomile Tea
 
Mereka juga memiliki Toko Kue/Roti yang sudah cukup terkenal di Samosir. Kabarnya ada pengunjung yang sengaja datang ke Tabo hanya untuk beli roti, salah satunya adalah brown bread yang merupakan roti khas Jerman.

The best view for breakfast?

Sekiranya cukup itu saja dulu alasan yang kamu butuhkan untuk datang ke Tabo, nanti kalau kebanyakan malah kalian tidak penasaran untuk pergi kesana. 

Jadi saran saya sekarang sebaiknya segera ambil cuti, woro-woro ke keluarga/pacar, pesan tiket pesawat ke Medan, dan segera berlayar ke pulau Samosir untuk menginap di Tabo Cottages, dan meresapi keindahan danau vulkanik terbesar di Indonesia. 

tuk tuk, samosir, toba
Try this at Tabo!

Tabo Cottages

Phone : +62 625 451318.

Email : info@tabocottages.com

5 Comments Add yours

  1. Rifqy Faiza Rahman says:

    Mantappp! Ikut senang jika pemiliknya menjadi inisiator bersih-bersih Toba, langkah untuk melestarikan danau besar itu 🙂

    1. dewajakiasta says:

      Sebaiknya di naturalisasi ya Mas. Hihihi..

      1. Rifqy Faiza Rahman says:

        Hahaha, bisa bisaa 😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s