Tips & Trik ke Mt.Fuji – Jepang

Japan Mountain
Mt. Fuji – Japan

Love. Itulah yang pertama kali saya rasakan ketika melihat Dian Sastro Mt.Fuji. Sebagai seorang yang lahir dari keluarga yang berasal dari daerah pegunungan, juga sebagai mantan anak gunung (Anggun), saya seperti pulang ke “rumah”. Juga suasana di Kawaguchiko yang tenang, dan suhu udara yang sejuk sekali saat itu (16°c), benar-benar bikin adem. Penempatan waktu berkunjung di hari-hari terakhir perjalanan juga berpengaruh, setelah 4 hari sebelumnya cukup hectic dengan Tokyo, menutup dengan Mt.Fuji seolah-olah memberikan healing untuk tubuh & pikiran kita, untuk bisa kembali lagi suatu hari nanti.

Tapi, perjalanan ke Mt.Fuji dari Tokyo akan sedikit tricky jika menggunakan kereta api, but it really worth to try. Apa saja persiapannya, tips dan trik menuju dan menikmati Mt.Fuji, akan coba saya informasikan dibawah ini berdasarkan pengalaman pribadi. Pakai pola Question & Answer lagi ya.

  • Ke Mt.Fuji aja, atau Fuji & Hakone?

Jika kamu punya dua hari, saya sarankan untuk ambil Fuji & Hakone. Mengapa? Saya tidak bisa jelaskan secara detail karena saya belum ke Hakone, tapi dari beberapa info yang saya dapat, lebih banyak yang bisa dilakukan disana. Tapi jika hanya punya waktu 1 hari, lebih baik ke Fuji saja, karena akan lebih santai dan bisa menikmati Mt.Fuji tanpa “halangan”.

  • Dari Tokyo ke Mt.Fuji naik apa?

Di tulisan sebelumnya sudah saya jelaskan, bisa di cek disini ya. Biar puas saat di Mt.Fuji nanti, disarankan ambil jadwal kereta yang pagi ya dari stasiun Shinjuku. Tapi jika berpergian dengan anak, usahakan jangan di weekday, karena kereta lokal dari tempat kamu ke stasiun Shinjuku di pagi hari saat weekday tak ubahnya seperti Comm Line Serpong-Tanahabang, walau lebih sejuk, wangi, rapih, dan cantik-cantik. :))))

Untuk memberikan gambaran perjalanan dari tempat saya kemarin sampai ke Kawaguchiko station, silahkan lihat gambar dibawah ini kemudian baca dengan seksama penjelasan setelahnya mengenai pertiketan yang agak tricky.

 

Tokyo to Mt. Fuji
Route to Mt.Fuji
  1. Perjalanan dari Mejiro – Shinjuku, saya menggunakan IC card Pasmo saya. Bisa menggunakan JR Pass atau Pass yang lain yang sesuai dengan JR Line ya.
  2. Sebelumnya saya menginfokan tentang pemesanan tiket Kereta Limited Express dari Shinjuku-Otsuki, harap diperhatikan bahwa pemesanan itu hanya untuk Reserved Seatnya saja, belum termasuk fare ticket. Jadi ketika menukar & membayar bukti reservasi dengan tiket, pastikan kamu menambah bayar fare ticketnya juga ya.
  3. Jika sudah membayar fare ticket diawal, maka ketika sampai di Shinjuku kamu harus keluar/tap out IC card Pasmo/Suica kamu dulu, kemudian masuk lagi tapi dari gate yang ada petugasnya (gate yang sama dengan pengguna JR Pass) dengan menunjukan fare ticket Shinjuku-Otsuki yang sudah kamu beli sebelumnya.
  4. Bagaimana jika tidak membeli fare ticket? apakah bisa menggunakan IC Card Suica/Pasmo? Jawabnya BISA. Jadi begitu tiba di Shinjuku tidak perlu keluar, langsung saja menuju jalur kereta limited express tersebut, kemudian cari gerbong & tempat duduk yang sesuai dengan yang tercetak di reserved seat ticket kita.
  5. Perjalanan dari Shinjuku-Otsuki dengan kereta limited express ini hanya 67 menit, jadi usahakan jangan ketiduran atau nanti kamu akan kebablasan. :)))
  6. Begitu sampai di stasiun Otsuki, silahkan membeli tiket lagi untuk menuju stasiun Kawaguchiko. Jika kamu punya IC Card Suica/Pasmo, bisa langsung melenggang masuk melalui gate tersendiri, tapi kamu tidak akan mempunyai nomor kursi, jadi duduklah di gerbong yang Unreserved seat jika kamu menaiki kereta legendaris Fujikyu Higland atau duduk dimana saja jika menaiki kereta lokalnya yang memang tidak ada nomor kursinya. Bingung? Saya juga, jadi dari Otsuki ke Kawaguchiko ada 2 tipe kereta (yang biasa & yang luar biasa). Mereka berjalan bergantian, jadi mana yang available saat kamu tiba di Otsuki maka kereta itu yang akan kamu naiki untuk ke Kawaguchiko.
Train to Mt.Fuji
Fujikyu Train from Otsuki-Kawaguchiko (VV)

7. Saat tiba di stasiun Kawaguchiko, yang menggunakan IC Card Suica/Pasmo silahkan keluar melalui gate IC Card, jika yang menggunakan tiket biasa silahkan keluar melalui gate yang ada penjaganya dan tunjukan tiketnya.

8. Jadi kesimpulannya, jika tidak mau ribet harus beli tiket silahkan gunakan IC Card Suica/Pasmo kalian dari stasiun keberangkatan sampai di Kawaguchiko. Tidak perlu membeli fare tiket dan juga memesan reserved seat di web resmi JR seperti yang saya infokan sebelumnya. Kekurangannya hanya saja tidak akan mendapatkan nomor tempat duduk pasti. Untuk yang pergi bersama keluarga/rombongan, metode ini tidak disarankan.

  • Jadi lebih baik naik bus atau kereta?

Untuk berangkat saya sarankan naik kereta jika punya budget lebih. Kenapa? Karena perjalanan sejak dari stasiun Otsuki ke Kawaguchiko akan memiliki pemandangan Mt.Fuji yang lebih indah. Dan di beberapa titik, masinis akan melambatkan laju kereta dan menginformasikan ke penumpang bahwa kereta sedang berada di best view point untuk melihat Mt.Fuji. Sontak seluruh penumpang akan langsung melihat keluar dan mengabadikan gambar Mt.Fuji dengan kameranya. Tidak terkecuali saya :)))).

Nah untuk pulangnya baru bisa menggunakan bus, dengan alasan kepraktisan, lebih murah, dan agar bisa istirahat setelah seharian bermain di Mt.Fuji area. Bus akan berangkat dari Kawaguchiko station menuju Tokyo atau Shinjuku. Tiket bisa/sebaiknya dibeli online untuk mengantisipasi kehabisan tiket.

  • Apa saja yang bisa di jelajahi di Mt.Fuji?

Banyak jika kamu punya waktu yang cukup. Bisa bermain di Amusement Park Fuji-Q Highland yang sepertinya punya roller coaster dengan pemandangan terbaik, lalu mengunjungi Lake Kawaguchiko/Yamanakako/Saiko, naik Kachi-Kachi Ropeway, atau mengunjungi Chuerito Pagoda yang menjadi halaman sampul Best in Travel 2016 versi Lonely Planet.

Nah khusus untuk mengunjungi Chuerito Pagoda, jika saat berangkat ke Kawaguchiko menggunakan kereta maka sebaiknya mengunjungi pagoda ini terlebih dahulu. Karena stasiun Shimo-Yoshida adalah stasiun yang akan dilewati sebelum tiba di Kawaguchiko. Biar tidak bolak balik saja seperti saya kemarin yang akhirnya membatalkan kunjungan karena salah perhitungan & kurang pengetahuan. 😦

Untuk berkeliling tempat yang lainnya bisa naik retro bus yang berangkat dari Kawaguchiko station, silahkan datangi tourism center disebelah stasiun untuk informasi lebih lanjut.

Oiya, jika kamu datang pas saat Sakura, maka bisa mengunjungi Fuji Shibazakura Festival. Saya mendatangi tempat tersebut tapi bunganya sudah tidak berwarna pink lagi. Sudah menghijau kembali sebagian besarnya. 😦

Kawaguchiko Mt.Fuji
Kawaguchiko Station
Mt Fuji around
Fuji Shibazakura & Lake Kawaguchiko
  • Bagaimana dengan urusan makan?

Pas di seberang Kawaguchiko station ada Japanese Restaurant dengan Mt.Fuji view yang pas banget. Makanannya, mostly udon, ramen, dan nasi kari, walaupun mostly pork, tapi ada yang beef kok, jadi ndak perlu khawatir. Atau di Kawaguchiko station juga ada cafe yang menjual makanan & minuman ringan, bersanding dengan toko souvenir. Atau kalau mau jalan sedikit sampai Lake Kawaguchiko, maka kalian akan menemukan Restaurant Indonesia persis di pintu masuk Lake Kawaguchiko!.

DSCF2616
Restaurant Indonesia di tepi Lake Kawaguchiko
  • Hhhmm…??

Kehabisan pertanyaan? Atau masih ragu untuk mengunjungi Mt.Fuji saat ke Jepang? Saya aja sudah janji sama istri akan kembali lagi kesini nanti jika anak-anak sudah cukup besar, dan menginap satu dua hari di Lake Kawaguchiko. Bersepeda keliling Lake Kawaguchiko, main di Amusement Park Fuji-Q Highland, mengunjungi Chuerito Pagoda, naik Kachi-Kachi Ropeway, adalah beberapa agenda yang harus dilakukan jika kembali kesini.

Tapi, yang paling membahagiakan adalah menghabiskan waktu dengan duduk atau berjalan di tepi danau saat matahari mulai terbenam. Saya jatuh cinta dengan Mt.Fuji!

Lake Kawaguchiko
I Love You Mt.Fuji & Lake Kawaguchiko

ps : Saya punya beberapa Kartu Pos dari Mt.Fuji, jika kamu berminat silahkan tinggalkan pesan di kolom komentar ya, nanti saya kirimkan langsung ke alamat kamu.

-The myth of postcard : If you receive a postcard, one day you will have the chance to visit where the postcard came from.-

9 Comments Add yours

  1. maryamingty says:

    Haii Dewa,

    I was tempted by your gimmick gift, so I click the link you shared. Haha.
    Tulisannya enak dibaca dan juga informatif. Makasih sudah menulis. Semangat ya!
    Eh sy pertamax yah?

    Cheers
    Tmn smp

    1. dewajakiasta says:

      Hahaha. Makasih udah mampir yaaa. Jadi mau dikirim kemana postcardnya?

  2. bagus says:

    Sy pnh kesana mas, nginep jg di hotel di tepi danau ny,keren saat sunset.. jgn lupa ke shibuya ya klo malem 🙂 oya bisa tau almt email or no contact mas? Jaga2 siapa tau jadi nonton coldplay di melbourne

    1. dewajakiasta says:

      Waahh pengen coba nginep disana juga. Shibuya saat malam jg sudah, cm belum terbit aja postingannya nih. 😀

      Bisa email saya ke dewa.jakiasta@gmail.com ya.

      Makasih sudah mampir Mas Bagus. 🙂

  3. Kerennn.. Bagi2 kartu pos juga he he

    1. dewajakiasta says:

      Terima kasih sudah mampir Mas. Ehh iya Kartu Posnya masih ada, kalau mau boleh info alamatnya ya, nanti saya kirimkan. 🙂

  4. Selvie euorani says:

    Mas dewa… Tulisannya ngebantu bgt.. But i still need the detail.. Could you give me? Please…

  5. Anny says:

    Hi Mas,

    Kalau dari cerita diatas. Pertanyaan… Saya agak bingung. Jadi Lebih mudah menggunakan kartu Suica ya. Tp JR Pass sendiri bisa digunakan kan utk kesana? Utk ke fuji nya sndr perlu sambung bus lagi gak ya?

    Kalau pakai suica smp sana biayanya brp yen?
    busnya juga brp ya?

    Thank you,
    Anny

    1. dewajakiasta says:

      Hallo Mba Anny,

      Saya jg bingung waktu cari2 info tapi ternyata mudah kalau sudah di jalani. Saya bantu jawab pertanyaannya ya.

      1. Betul lebih mudah pakai Suica/Pasmo, apalagi kalau dari Shinjuku ke Otsuki nya naik kereta JR biasa bukan Limited Express seperti saya jadi tidak perlu lagi membayar biaya reserved/unreserved seat.

      2. JR Pass bisa digunakan hanya sampai stasiun Otsuki, karena dari Sta. Otsuki ke Sta. Kawaguchiko keretanya di operasikan oleh swasta, bukan kereta JR milik pemerintah. Jadi harus beli tiket lagi begitu sampai di Sta. Otsuki.

      3. Stasiun Kawaguchiko itu sudah di kawasan Mt. Fuji, dan Mt. Fuji sudah terlihat jelas dari sana. Kemudian tinggal pilih mau kemana dan naik apa, ada retro bus keliling kawasan, dll. Bisa kunjungi tourist center yg ada di stasiun tersebut untuk gambaran jelasnya.

      4. Untuk biaya terbaru silahkan cek di Hyperdia ya, kalau sy kemarin naik kereta sekitar 4000 Yen sekali jalan. Untuk bus dari Kawaguchiko ke Shinjuku tahun lalu ongkosnya 1,750 Yen sekali jalan.

      Semoga membantu ya mba. Have fun kalau ke Mt.Fuji ya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s